Ketika Kita Merasa Ingin Menyerah Taklukanlah Tantangan Yang Membuat Kita Lemah Dan Percaya Pasti Bisa
SELAMAT DATANG DI ARTIKEL KESEHATAN TUBUH

Cari Blog Ini

Jumat, 30 Desember 2011

Impetigo krustosa (kontagiosa)



Impetigo krustosa (kontagiosa) – Impetigo krustosa merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang epidermis. Penyakit ini ditandai adanya kumpulan cairan yang sudah mengering. Cairan ini berwarna kuning kecoklatan seperti madu yang berlapis-lapis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus dan Streptococcus betahemolyticus. Penyakit ini mudah menular dan terutama menyerang anak-anak yang belum sekolah. Pada orang dewasa impetigo ini sering terdapat pada mereka yang tinggal bersama-sama dalam satu klompok, seperti asrama dan penjara. Kurangnya kebersihan dan malnutrisi dapat mempermudah terjangkitnya penyakit ini.

Gejala

Penyakit kulit ini menimbulkan gejala-gejala seperti rasa gatal. Mula-mula timbul ruam-ruam kulit berukuran 1-2 mm kemudian berubah menjadi glembung-glembung yang berisi cairan. Oleh karena dinding gelembung ini tipis maka mudah pecah dan mengeluarkan cairan berwarna kuning kecokelatan. Selanjutnya mengering membentuk tumpukan-tumpukan yang berlapis-lapis. Penyakit kulit ini biasanya menyerang bagian tubuh terutama wajah (sekitar hidung dan mulut), tangan dan leher.

Pengobatan

Pengobatan dapat dilakukan dengan beberapa cara tergantung dari gejala-gejala yang timbul. Misalnya dengan mencuci bagian yang terinfeksi menggunakan H2 O2 dalam air lalu diberi salep antibiotik seperti kloramfenikol 2% dan teramisin 3%. Apabila disertai gejala demam dapat diobati dengan memberikan antibiotik sistemik misalnya penisilin, kloksasilin atau sefalosporin.

Pencegahan

Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan dan badan terutama menjaga kebersihan kulit dengan mandi menggunakan sabun 2 kali sehari selain itu juga dapat dicegah penularannya dengan menjauhkan anak-anak sehat dari anak-anak yang menderita impetigo kontagiosa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar