Ketika Kita Merasa Ingin Menyerah Taklukanlah Tantangan Yang Membuat Kita Lemah Dan Percaya Pasti Bisa
SELAMAT DATANG DI ARTIKEL KESEHATAN TUBUH

Cari Blog Ini

Jumat, 30 Desember 2011

Penyakit impetigo bulosa



Penyakit impetigo bulosa – Penyebab penyakit kulit ini adalah bakteri Stafilokok (Staphylococcus). Penyakit kulit ini biasanya lebih banyak ditemukan di daerah tropis dengan suhu udara panas. Kurangnya kebersihan dan keadaan kurang gizi serta anemia mempermudah terjangkitnya penyakit kulit ini mengingat penyakit ini mudah menular.

Gejala

Gejala terutama yang ditimbulkan oleh penyakit kulit ini berupa lepuh-lepuh berisi cairan kekuningan dengan dinding tebal. Lepuh-lepuh ini timbul mendadak pada kulit sehat dan dapat bertahan 2-3 hari. Apabila lepuh-lepuh ini pecah dapat menimbulkan tumpukan-tumpukan cairan yang akan mengering berwarna cokelat datar dan tipis. Biasanya menyerang bagian ketiak, dada, punggung dan tangan.

Pengobatan

Pengobatan dilakukan berdasarkan gejala-gejala yang ditimbulkan apabila lepuh-lepuh di kulit besar dan banyak sebaiknya dipecah dan dibersihkan dengan antiseptik (betadine) dan diberi salep antibiotik (kloramfenikol 2% atau eritromisin 3%). Apabila ada gejala konstitusi berupa demam sebaiknya diberi antibiotik sistemik misalnya penisilin 30-50 mg/kg berat badan atau antibiotik lain yang sensitif.

Pencegahan

Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan badan dan lingkungan. Terutama menjaga kebersihan kulit dengan mandi memakai sabun dua kali sehari. Selain itu juga dapat dicegah penularannya dengan menjauhkan orang yang sehat dari orang yang menderita impetigo bulosa.

2 komentar: