Loading...
Ketika Kita Merasa Ingin Menyerah Taklukanlah Tantangan Yang Membuat Kita Lemah Dan Percaya Pasti Bisa
SELAMAT DATANG DI ARTIKEL KESEHATAN TUBUH

Cari Blog Ini

Memuat...

Jumat, 30 Desember 2011

Penyakit kandidiasis



Penyakit kandidiasis – Kandidiasis merupakan suatu penyakit kulit akut atau subakut yang disebabkan oleh jamur intermediat yang menyerang kulit, subkutuan, kuku, selaput lendir dan alat-alat dalam. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Candida albicans yang dapat ditularkan secara langsung atau tidak langsung. Kandidiasis dapat menyerang siapapun terutama mereka yang tinggal di daerah tropis dengan kelembapan udara tinggi. Penyakit ini biasanya lebih banyak terjadi pada musim hujan.

Gejala

Kandidiasis dapat menyerang kulit, kuku, mulut dan vagina dengan gejala yang berbeda-beda. Kandidiasis yang menyerang kulit dapat menimbulkan gejala seperti gatal yang hebat disertai panas seperti terbakar dan terkadang nyeri jika ada infeksi sekunder. Kandidiasis yang menyerang kuku menimbulkan sedikit rasa gatal dan nyeri jika ada infeksi sekunder. Kuku berwarna hitam cokelat, menebal dan tidak bercahaya biasanya menyerang mulai dari pangkal kuku. Di sekitar pangkal kuku terdapat glembung-glembung berisi cairan dan kulit menjadi bersisik. Kandidiasis yang menyerang daerah mulut di tandai adanya bercak-bercak putih seperti membran pada mukosa mulut dan lidah. Kandidiasis yang menyerang vagina menimbulkan gejala-gejala seperti bercak-bercak putih di atas mukosa mulai dari leher rahim sampai vagina. Selain itu adanya cairan putih kekuningan yang disertai dengan semacam butiran tepung kadang-kadang sperti susu pecah. Keluhan biasanya berupa rasa gatal.

Pengobatan

Pengobatannya dapat dilakukan dengan pemberian obat-obat berdasarkan pada bagian-bagian tubuh yang terkena penyakit ini. Pengobatan kandidiasis kulit dan kandidiasis mulut (selaput lendir) yang lokal dapat di buat dengan memberikan obat antijamur topikal. Pengobatan kandidiasis oral berupa lozenges atau oral gel yang mengandung nistatin, amfoterisin B atau mikonazol. Pemberian obat 2-3 kali sehari selama 5-7 hari memberikan hasil yang baik. Pengobatan kandidiasis vagina mempunyai banyak sekali bentuk pengobatan yang efektif. Obat yang biasanya di pakai untuk terapi kandidiasis vagina adalah preparat khusus intravaginal yang mengandung imidazol selama 1-5 hari. Tetapi oral juga diberikan 1-5 hari, ketokonazol 400 mg selama 5 hari, intrakonazol 2 kali 200 mg sehari dan flukonazol 150 mg sekali. Efektivitas pengobatan dengan obat-obat tersebut di atas 80%.

Pencegahan

Pencegahan terhadap penyakit ini dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Penyakit kandidiasis juga dapat disebabkan oleh pemakaian antibiotik. Oleh karena itu berhati-hatilah saat memakai antibiotik. Selain itu hindari obesitas dan hindari bekerja pada tempat-tempat lembap atau banyak air.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar