Ketika Kita Merasa Ingin Menyerah Taklukanlah Tantangan Yang Membuat Kita Lemah Dan Percaya Pasti Bisa
SELAMAT DATANG DI ARTIKEL KESEHATAN TUBUH

Cari Blog Ini

Jumat, 30 Desember 2011

Obat radang tenggorokan



Obat radang tenggorokan – Pada cuaca yang tidak menentu saat ini ternyata banyak virus juga yang menyebar dan mengakibatkan sakit pada seseorang. Salah satunya penyakit radang tenggorokan yang dipicu oleh cuaca dan lingkungan. Pada umumnya penyakit radang tenggorokan akan disertai oleh pilek dan batuk-batuk. Sebetulnya radang tenggorokan sendiri bukan nama penyakit. Dalam terminologi kesehatan, radang tenggorokan biasa disebut dengan sore throat atau faringitis.
Dalam keadaan cuaca yang tak menentu sekarang ini tidak ada salahnya jika kita mempertebal sistem imun kita agar tidak terkena penyakit musiman. Seperti dengan berolah raga, makan-makanan yang baik, dan istirahat yang teratur. Sebab jika sistem imun anda lemah maka akan mudah penyakit musiman menyerang anda.
Obat radang tenggorokan :
- Multivitamin
Minum vitamin C dan atau B kompleks. Vitamin berguna untuk segera memulihkan daya tahan tubuh. Pilih yang murah atau mahal. Hanya saja seringnya saya makan buah-buahan saja untuk mendapatkan vitamin yang dibutuhkan. Buahnya bisa apa saja mulai dari apel, pisang, mangga sampai kurma.

- Antibiotik
Gunakan anti biotik yang umum digunakan, seperti Amoxicillin dan Cefadroxil. Harganya murah, hanya Rp 10.000-an sepapan yg berisi 10 biji obat. Diminum 2-3 kali sehari dan berhubung ini antibiotik maka harus dihabiskan. Ingat, jika anda minum obat antibiotik maka itu harus dihabiskan.

- Analgesik dan antipiretik
obat ini seperti panadol, aspirin, paracetamol generik. Harga nya pun Rp 10.000-an sepapan diminum 3 kali sehari, jika panas mereda boleh menghentikan minum obatnya. Obat ini berguna sebagai pain killer untuk mengurangi nyeri dan menurunkan panas. Saya menggunakan obat ini jika sudah benar-2 tidak bisa mengakomodir panas dan nyeri di badan.

Untuk itu mari kita bahas tentang penyebab radang tenggorokan agar anda dapat menghindari penyakit musiman seperti ini.
  • Virus, 80 % sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, dapat menyebabkan demam .
  • Batuk dan pilek. Dimana batuk dan lendir (ingus) dapat membuat tenggorokan teriritasi.
  • Virus coxsackie (hand, foot, and mouth disease).
  • Alergi. Alergi dapat menyebabkan iritasi tenggorokan ringan yang bersifat kronis (menetap).
  • Bakteri streptokokus, dipastikan dengan Kultur tenggorok. Tes ini umumnya dilakukan di laboratorium menggunakan hasil usap tenggorok pasien. Dapat ditemukan gejala klasik dari kuman streptokokus seperti nyeri hebat saat menelan, terlihat bintik-bintik putih, muntah – muntah, bernanah pada kelenjar amandelnya, disertai pembesaran kelenjar amandel.
  • Merokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar