Ketika Kita Merasa Ingin Menyerah Taklukanlah Tantangan Yang Membuat Kita Lemah Dan Percaya Pasti Bisa
SELAMAT DATANG DI ARTIKEL KESEHATAN TUBUH

Cari Blog Ini

Jumat, 30 Desember 2011

Penyakit katarak


Penyakit katarak – Mata merupakan bagian tubuh yang rawan dengan penyakit dan kerusakan. Banyak diantara kita yang merasakan penyakit pada matanya, seperti rabun dekat, rabun jauh, rabun senja, katarak, dll. Mengenai masalah katarak, sekarang ini penderita katarak semakin bertambah pesat, termasuk indonesia sendiri.
Ciri
Katarak merupakan penyakit dengan ciri adanya seperti kabut, berselaput, berawan, atau keruh pada lensa mata. Hal ini yang menyebabkan para penderita katarak penglihatannya menjadi kabur atau bisa tak terlihat. Katarak adalah penyakit mata penyebab kebutaan nomor satu di dunia termasuk indonesia. Disebabkan banyak penderita katarak yang tidak menangani dengan cepat penyakit tersebut sehingga menyebabkan kebutaan.

Penyebab
Katarak disebabkan dari berbagai macam, seperti paparan mata yang lama terhadap sinar matahari/ultravioloet atau sumber radiasi lainnya. Selain itu katarak juga bisa disebabkan dari penyakit, seperti diabetes, darah tinggi, usia tua, atau trauma fisik. Faktor lainnya yang kadang tidak bisa dihindari yaitu dari keturunan/genetik dari si orang tua.

Usia lanjut
Katarak kebanyakan muncul pada usia lanjut. Data statistik menunjukkan bahwa lebih dari 90% orang berusia di atas 65 tahun menderita katarak. Sekitar 550% orang berusia 75— 85 tahun daya penglihatannya berkurang akibat katarak. Walaupun sebenarnya dapat diobati, katarak merupakan penyebab utama kebutaan di dunia. Katarak terjadi secara perlahan-perlahan sehingga penglihatan penderita terganggu secara berangsur. karena umumnya katarak tumbuh sangat lambat dan tidak mempengaruhi daya penglihatan sejak awal. Daya penglihatan baru terpengaruh setelah katarak berkembang sekitar 3—5 tahun. Karena itu, pasien katarak biasanya menyadari penyakitnya setelah memasuki stadium kritis.

Gejala
Gejala awal yang akan timbul pada penderita katarak merasa gatal-gatal pada mata, air matanya mudah keluar, pada malam hari penglihatan terganggu, dan tidak bisa menahan silau sinar matahari atau sinar lampu. Selanjutnya penderita akan melihat selaput seperti awan di depan penglihatannya. Awan yang menutupi lensa mata tersebut akhirnya semakin merapat dan menutup seluruh bagian mata. Bila sudah sampai tahap ini, penderita akan kehilangan peng­lihatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar